Minggu, 13 Januari 2013

KELAS SOSIAL


Kelas sosial adalah pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu hierarki status kelas yang berbeda, sehingga para anggota setiap kelas secara relatif mempunyai status yang sama dan para anggota kelas lainya mempunyai status yang sama dan para anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau lebih rendah.
Kelas Sosial Merupakan Bentuk Segmentasi Hierarkis dan Alamiah
Dalam konteks ini, keanggotaan kelas sosial dipakai konsumen sebagai suatu kerangka rujukan (atau kelompok rujukan) untuk pengembangan sikap dan perilaku mereka. Dalam konteks kelompok rujukan, para anggota suatu kelas sosial tertentu dapat diharapkan paling sering berpaling kepada para anggota lainnya dari kelas yang sama untuk memperoleh petunjuk mengenai perilaku yang sesuai. Pada kasus lain, anggota kelas lain, anggota kelas sosial tertentu (misalnya kelas bawah yang teratas) mungkin ingin meningkatkan kedudukan kelas sosial mereka dengan berusaha menyamai atau melebihi perilaku anggota kelas menengah. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka mungkin membaca berbagai majalah kelas menengah, melakukan berbagai “hal yang dilakukan kelas menengah”, dan menghabiskan waktu di berbagai restoran kelas mennegah sehingga mereka dapat mengamati perilaku kelas menengah.
Aspek hierarkis kelas sosial penting bagi pemasar. Para konsumen membeli berbagai produk tertentu karena produk-produk ini disukai oleh anggota kelas sosial mereka sendiri maupun kelas yang lebih tinggi dan para konsumen mungkin menghindari berbagai produk lain karena mereka merasa produk-produk tersebut adalah produk-produk “kelas yang lebih rendah”. Dengan demikian, berbagai strata kelas sosial memberikan dasar yang alamiah untuk melakukan segmentasi pasar bagi banyak produk barang maupun jasa. Dalam banyak hal, para peneliti tentang konsumen sudah dapat mengaitkan berbagai aspek pemakaian produk dengan keanggotaan kelas sosial.
Kategori Kelas Sosial
Berbagai studi yang paling awal membagi anggota masyarakat tertentu menjadi 5 atau 6 kelas kelompok kelas sosial. Tetapi para peneliti lain menemukan bahwa 9, 4, 3, dan bahkan 2 skema kelas telah cukup untuk kepentingan mereka. Pilihan berapa kelas terpisah yang harus digunakan tergantung pada jumlah rincian yang dianggap perlu oleh para peneliti untuk menerangkan dengan cukup jelas sikap atau perilaku yang sedang dipelajari. Para pemasar tertarik pada struktur kelas sosial masyarakat yang merupakan pasar potensial bagi produk mereka dan pada tingkat kelas sosial tertentu dari pelanggan potensial mereka.
Sumber : http://dc317.4shared.com/doc/5xo2Qifd/preview.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar