Di jejaring sosial ini, makin beragam saja cara online shop
berjualan. Di awal kemunculan Facebook, mereka mengunggah foto dan menandai
akun calon pembeli. Twitter hadir, online-shop tak mau ketinggalan dengan model
. Tak hanya membuat akun, mereka bahkan menjalin kerja sama tak tertulis ke
berbagau ibukota Teknisnya, para online shop mengirim foto produk di
twitter,facebook,BBM, Tak lupa mereka menawarkan barang pada pelanggan. Apabila
pelanggan tersebut merespon, online shop akan minta alamat mereka melalui
Direct Message (DM). Barang pun langsung diterbangkan ke alamatpelanggan.
Begitu barang tiba, pelangga yang umumnya kalangan wanita akan berfoto dengan
produk tersebut. Foto itu mereka pamerkan di twitter seraya memberikan
testimoni . Uniknya, tidak ada perjanjian tertulis dalam kerja sama ini.
Keuntungan ONLINE SHOP
1. Pembeli tidak
perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain
sebagainya. Pembeli cukup klik ke web yang dituju dan memilih barang yang
dikehendaki
2. Pemilihan barang
bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan
berjam-jam tanpa harus keluar rumah
3. Penjual dapat
menekan ongkos pembukaan toko karena melalui belanja online, penjual cukup
memasarkan produknya melalui Internet
Kelemahan ONLINE SHOP
1. Kualitas barang
yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di
website.
2. Rentan aksi
penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang
disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim
3. Rentan rusak atau
pecah karena media pengiriman adalah pos
4. Rentan aksi
pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
5. Marak aksi
spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu
mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu
privacy
http://swa.co.id/entrepreneur/endorse-artis-online-shop-panen-konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Belanja_daring#Cara_belanja_daring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar